Penyakit Misterius Babi, Biosekuriti Ketat Harus Diterapkan - Beritabali.com

Opini

Penyakit Misterius Babi, Biosekuriti Ketat Harus Diterapkan

Rabu, 29 Januari 2020 | 08:20 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Apapun penyakitnya, melihat pola kematian tinggi pada babi menyebar di beberapa kabupaten, ini pasti penyakit baru. 

Pilihan Redaksi

  • Ratusan Babi di Bali Mati Karena "Penyakit Baru Yang Ganas"
  • Melihat pola kematian, penyakitnya ganas. Tanpa menyebut nama penyakitnya, biosekuriti ketat wajib dilaksanakan untuk wilayah dan kandang yang belum kena. Jadikan biosekuriti adalah budaya sehari-hari. 
    Apapun penyebabnya, tindakan wajib dari pemerintah adalah penutupan wilayah atau kabupaten atau kecamatan atau desa. Babi hanya boleh beredar di wilayah itu. 
    Sumber penularan antar wilayah dan antar kandang adalah transportasi babi, alat angkut, dan orang (pedagang, representatif perusahaan obat dan pakan, tukang tangkap, petugas kesehatan). 
    Jangan beri ijin masuk kandang tanpa mandi, ganti baju, ganti sepatu/sandal, dan semprot desinfektan. Apapun penyakitnya babi mati jangan dikonsumsi. Babi yang sakit dan yang kontak jangan dipotong. 
    Satu, itu membuat harga terjun bebas. Dua, itu membuat penyakit semakin tak terkendali. Tiga, semua agama mengajarkan agar hanya mengkonsumsi daging hewat sehat, bukan sakit, apalagi yang sudah jadi bangkai. 
    Melihat pola penyebaran, tindakan laporan dini dan tindakan segera sudah sangat terlambat bagi daerah/desa tertular. Bagi daerah/desa belum tertular, lakukan deteksi dini dan tindakan segera. Demikian pewarah-warah saking titiang, pemerhati dan peneliti kesehatan hewan. 
    Prof Ngurah Mahardika  FKH Unud 

    Penulis : Opini

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Opini Penyakit Misterius Babi Mati Bisosekuriti Ketat Harus Diaplikasi


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    Opini Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Opini

    Berita Bali TV